Benyamin Lakitan

Beranda » Article » Paper 04: Agroindustri yang Menyejahterakan Rakyat

Paper 04: Agroindustri yang Menyejahterakan Rakyat


… Bertumpu pada semangat konstitusi dan realita yang dihadapi pada saat ini, maka sudah seharusnya para akademisi, peneliti, perekayasa, dan semua aktor terkait pengembangan teknologi untuk secara lebih intensif dan terfokus melakukan kegiatan riset dan pengembangan teknologi berbasis pada kebutuhan dan persoalan nyata yang dihadapi bangsa dan negara, agar teknologi yang dihasilkan dapat dimanfaatkan dan memberikan kontribusi terhadap upaya menyejahterakan rakyat, terutama masyarakat pertanian yang sampai saat ini masih belum menikmati arti kesejahteraan …

Klik Disini untuk Naskah Lengkap

Iklan

2 Komentar

  1. Kiki Yuliati berkata:

    Tulisan komprehensif dan bagus. Tinggal satu: how?
    Agroindustri kerap dimaknai sangat luas, mulai dari usaha rumahan di pedesaan sampai yang di level multinasional. Agroindustri skala besar dan sangat besar umumnya sudah memiliki unit R&D sendiri yang sangat kuat. Tidak selalu inovasi mereka didesiminasi karena mereka tidak membutuhkan itu (bahkan beberapa menganggap itu sbg rahasia perusahaan). Banyak perguruan tinggi dan lembaga2 riset kita justru jauuuuh tertinggal dari unit2 R&D ini dalam banyak hal.

    IMHO, negara mungkin lebih baik fokus di pengembangan teknologi untuk agroindustri skala menengah ke bawah. Namun jika menyangkut agroindustri skala ini, maka persoalannya menjadi lebih kompleks dan tidak hanya melulu ada di teknologi untuk tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: