Benyamin Lakitan

Beranda » Article » My Opinion 09: Menuju Perguruan Tinggi Riset

My Opinion 09: Menuju Perguruan Tinggi Riset


Pendidikan tinggi, sesuai dengan Tridharma-nya, tidak hanya dituntut untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan pembangunan, tetapi juga sebagai kelembagaan dituntut pula untuk memberikan kontribusi langsung terhadap pembangunan nasional. Membantu mencari solusi terhadap berbagai permasalahan, baik pada tingkat nasional, daerah, maupun lokal. Membantu meningkatkan produktivitas dan efisiensi dari berbagai sektor pembangunan. Membantu meningkatkan kualitas layanan publik, termasuk di luar sektor pendidikan.

Ekspektasi publik ini perlu dijawab antara lain dengan menawarkan solusi teknologi, yang dihasilkan melalui kegiatan penelitian yang diarahkan dengan sengaja (goal-oriented research) pada permasalahan nyata yang dihadapi publik dan dunia usaha dalam berbagai sektor. Prasyarat untuk ini adalah kepekaan akademisi terhadap permasalahan nyata dan interaksi yang intensif dengan kalangan dunia usaha. Kegiatan penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (curiousity-driven research) yang
menjadi penciri pendidikan tinggi tentu masih perlu dilaksanakan.

Menjadi universitas riset perlu dimaknai sebagai upaya meningkatkan volume dan intensitas aktivitas riset oleh perguruan tinggi yang memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan iptek dan peningkatan kesejahteraan rakyat….

Naskah lengkapnya bisa dilihat disini

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: