Benyamin Lakitan

Beranda » Article » My Opinion 11: Hilangnya Daya Tarik Pendidikan Pertanian

My Opinion 11: Hilangnya Daya Tarik Pendidikan Pertanian


Kebutuhan tenaga kerja sektor pertanian sesungguhnya belum jenuh, masih cukup banyak kebutuhannya. Apalagi karena sektor ini sedang terus digenjot Pemerintah. Akan tetapi, relatif banyak alumni pertanian yang bekerja di luar sektor pertanian dan banyak pula alumni pertanian yang belum mendapat pekerjaan tetap, setelah beberapa tahun selesai studi.

Kenyataan ini menurunkan hasrat para lulusan SMA untuk melanjutkan studi di bidang pertanian. Dampaknya, dalam beberapa tahun terakhir ini minat masuk perguruan tinggi bidang pertanian terus merosot. Kita sudah tertinggal dalam berbagai bidang profesi, maka akan sangat ironis jika kita juga tidak mampu memenuhi kebutuhan SDM pertanian yang handal untuk mendukung pembangunan sektor perekonomian ini …

Naskah lengkap bisa dilihat disini

Iklan

2 Komentar

  1. Kiki Yuliati berkata:

    Sebelum bidang pertanian mengalami ini, penurunan peminat terjadi di FKIP (IKIP). Namun sejak ada kebijakan pengangkatan guru PNS besar2an dan sertifikasi guru, peminatnya di Unsri 9dan di perti lain) membludak mendekati FK hampir mengalahkan FE, mengalahkan FH. Passing grade prodi Pendidikan Bahasa Inggris melonjak luar biasa. Peminat univ eks IKIP tmsk pascasarjananya meningkat tajam sejak ada aturan guru minimal S1. Mudah2an kualitas SDM guru akan lebih baik pada masa mendatang. Bagaimana pendapat Bapak? Dapatkah ‘strategi’ ini dipakai utk pembangunan pertanian melalui peningkatan mutu SDM-nya?

    • blakitan berkata:

      Sebetulnya isu pokok yang menentukan minat bukan bidang ilmunya, tapi lebih karena pertimbangan peluang untuk mendapat pekerjaan tetap/formal setelah menyelesaikan studi dan peluang untuk memperbaiki tingkat kesejahteraan. Peminat bidang pertanian juga akan membeludak jika ada kepastian lapangan pekerjaan yang akan menampung setelah lulus kuliah atau jika kesejahteraan dapat diwujudkan jika memilih profesi sebagai petani …. Jika dua hal terakhir ini bisa dijamin, maka banyak lulusan SMA dengan prestasi akademik yang baik akan kuliah di bidang ilmu pertanian dan selanjutnya mutu SDM pertanian diyakini juga akan meningkat ….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: