Benyamin Lakitan

Beranda » Article » My Opinion 15: Subsidi Pupuk untuk Siapa?

My Opinion 15: Subsidi Pupuk untuk Siapa?


Kelangkaan dan kemahalan harga masih selalu menjadi isu yang menggelisahkan petani pangan setiap awal musim tanam, saat pupuk sangat dibutuhkan. Persoalan ini selalu berulang dari tahun ke tahun. Bagaikan lingkaran setan yang tidak dapat diputus, atau mungkin juga karena tidak ada keinginan yang kuat untuk memutuskannya?

Walaupun kebijakan subsidi yang diarahkan pada produsen pupuk telah terbukti tidak efektif membantu petani pangan, terindikasi dari banyaknya jenis dan besarnya volume penyelewengan; langkah pengalihan subsidi agar langsung kepada petani juga perlu dipersiapkan dengan matang. Perlu didahului dengan sosialisasi kepada seluruh stakeholder dan edukasi kepada petani calon penerima.

Kesiapan infrastruktur pendukung perlu dimatangkan. Produk hukum untuk menjadi landasan kebijakan ini perlu disiapkan. Dedikasi dan ketegasan aparatur pengawasannya perlu pula dimantabkan. Persiapan yang matang akan selalu diperlukan sebagai modal awal untuk menuju keberhasilan implementasi kebijakan.

Satu hal penting yang selalu perlu diingat adalah bahwa membantu petani dalam memproduksi pangan pada dasarnya juga bermakna membantu setiap individu masyarakat termasuk diri kita sendiri agar selalu terjamin pasokan pangan untuk dapat bertahan hidup.

Artikel lengkapnya bisa dilihat disini

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: