Benyamin Lakitan

Beranda » Article » My Opinion 17: Menyoal Intervensi Harga Pangan

My Opinion 17: Menyoal Intervensi Harga Pangan


Sejak lama dipahami bahwa setiap tindakan intervensi pemerintah selalu mempunyai dua sisi, yakni dapat menjadi solusi bagi permasalahan yang dihadapi masyarakat tetapi sekaligus berpotensi untuk meningkatkan kebergantungan masyarakat pada pemerintah, termasuk intervensi terkait harga pangan.

Hal ini tidak dimaksudkan agar pemerintah tidak turut campur dalam setiap kegiatan masyarakat terkait upaya peningkatan produksi, kelancaran distribusi, dan konsumsi pangan. Malah sebaliknya, pemerintah berkewajiban untuk memberikan dukungan teknis dan finansial, memfasilitasi upaya petani melalui berbagai kelembagaan pendukung, serta mengariskan kebijakan yang dapat memotivasi seluruh pemangku kepentingan untuk berperan aktif dalam berbagai lini kegiatan membangun ketahanan pangan.

Hanya saja, langkah intervensi itu perlu dipertimbangkan dengan ekstra cermat. Pra-syarat intervensi adalah pemahaman yang tepat dan komprehensif terhadap permasalahan yang dihadapi, dan dipadu dengan pemahaman tentang dimensi sosio-kultural masyarakat yang bersangkutan ….

Selengkapnya silahkan dibaca disini

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: