Benyamin Lakitan

Beranda » Article » My Opinion 23: Menakar Ketahanan Pangan Nasional

My Opinion 23: Menakar Ketahanan Pangan Nasional


Keberhasilan pembangunan ketahanan pangan tidak hanya bergantung pada keberhasilan meningkatkan produksi. Tetapi, perlu ditakar secara komprehensif berdasarkan tiga pilar utama, yakni produksi yang cukup, distribusi yang lancar dan merata, serta konsumsi pangan yang aman dan berkecukupan gizi bagi seluruh individu masyarakat.

Di antara ketiga pilar ini, upaya meningkatkan produksi selalu mendapat perhatian semua pihak, dibandingkan dengan dua pilar lainnya. Malah seolah-olah jika produksi sudah berhasil ditingkatkan melampaui kebutuhan pangan nasional, atau populer dikenal sebagai swasembada, maka perjuangan menuju tercapainya kondisi ketahanan pangan dianggap sudah berhasil dituntaskan.

Tercapainya swasembada pangan tidak otomatis berarti kondisi ketahanan pangan telah berhasil dicapai. Ketahanan pangan secara formal/legal didefinisikan sebagai kondisi terpenuhinya pangan bagi rumah tangga, yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutu, aman, merata, dan terjangkau (Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1996 tentang Pangan) ….

Secara lengkap bisa dibaca disini

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: