Benyamin Lakitan

Beranda » Article » My Opinion 28: Tiga Tantangan Satu Tujuan Inovasi Pertanian

My Opinion 28: Tiga Tantangan Satu Tujuan Inovasi Pertanian


Paling tidak ada tiga tantangan besar yang membutuhkan inovasi pertanian, yakni [1] tantangan untuk meningkatkan produksi pangan dan komoditas pertanian lainnya (tantangan agronomis); [2] tantangan untuk menurunkan kehilangan hasil pada fase pascapanen (tantangan pascapanen); dan [3] tantangan untuk memenuhi kebutuhan konsumen/penduduk yang terus tumbuh (tantangan demografis).

Teknologi dapat memberikan kontribusi terhadap upaya menjawab tiga tantangan tersebut. Namun teknologi bukan merupakan solusi tunggal bagi tantangan-tantangan tersebut, karena masing-masing tantangan bersifat multi dimensi dan tidak hanya bersifat teknis semata. Oleh sebab itu, perlu didukung regulasi dan kebijakan publik yang sesuai; alokasi anggaran yang memadai; dan sumberdaya manusia dengan keahlian yang relevan, memahami dan sensitif terhadap realita persoalan, serta mempunyai intergitas tinggi.

Demikian pula, tidak semua strata dan jenis teknologi akan efektif berkontribusi. Hanya teknologi yang relevan secara teknis dan sesuai dengan kapasitas adopsi pengguna yang akan berpeluang untuk secara nyata berkontribusi dalam upaya menjawab tiga tantangan tersebut.

Satu hal lagi yang tidak boleh diabaikan adalah amanah konstitusi yang secara jelas dan tegas menyatakan bahwa pembangunan ilmu pengetahuan dan teknologi adalah untuk meningkatkan kesejahteraan umat manusia dan memajukan peradaban. Hal ini juga selaras dengan semangat kebijakan pembangunan yang bersifat inklusif, yakni memberikan kesempatan bagi semua pihak untuk berpartisipasi dan sekaligus juga untuk membuka peluang bagi para pihak tersebut untuk ikut menikmati hasil-hasil pembangunan, yakni berupa peningkatan kesejahteraannya.

Selayaknya apa yang sudah diamanahkan oleh konstitusi untuk menyejahterakan rakyat perlu dijalankan secara konsisten dan persisten, baik demi alasan legal-formal maupun karena mengikuti hati nurani.

Artikel lengkapnya dapat dibaca disini

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: