Benyamin Lakitan

Beranda » Article » Jajak Pendapat 03: Kesan anda terhadap prioritas institusi pendidikan tinggi Indonesia saat ini

Jajak Pendapat 03: Kesan anda terhadap prioritas institusi pendidikan tinggi Indonesia saat ini


Ada dorongan untuk meningkatkan persentase penduduk Indonesia yang berhasil menyelesaikan pendidikan formal sampai jenjang S1, sehingga setara dengan komposisi penduduk negara-negara maju. Selain itu, mungkin pula ada motivasi lain untuk meningkatkan jumlah lulusan pada beberapa perguruan tinggi.

Ada juga upaya beberapa perguruan tinggi Indonesia untuk menjadi ‘world class university’, yang tentunya hanya bisa dicapai dengan memperbaiki kualitas penyelenggaraan pendidikannya yang akan tercermin juga pada kualitas lulusannya.

Ada pula keluhan bahwa lulusan pendidikan tinggi saat ini tak siap untuk kerja dan/atau bidang keahliannya tidak sesuai dengan yang dibutuhkan dunia kerja dan/atau kebutuhan pembangunan, sehingga dulu pernah ada kebijakan link-and-match.

Intinya ada 3 isu besar, yakni meningkatkan PRODUKTIVITAS, memperbaiki KUALITAS, atau menyerasikan RELEVANSI keahlian lulusan dengan kebutuhan nyata.

Bagaimana menurut anda, apa yang menjadi program utama dari kebanyakan perguruan tinggi di Indonesia pada saat ini? — (Bukan kondisi idealnya yang perlu dilakukan oleh perguruan tinggi).

Mohon partisipasinya pada jajak pendapat ini.
Atas waktu yang diluangkan dan kontribusi pendapatnya, kami mengucapkan terima kasih.

Iklan

6 Komentar

  1. Fakhili Gulo berkata:

    Prof, pooling yang bagus. Menurut saya, sebaiknya Perguruan Tinggi berfokus pada peningkatan kualitas melalui peningkatan sarana dan prasarana (laboratorium dan peralatan yang lengkap), pengingkatan kualitas SDM, dan pembenahan sistem manajemen PT. Menurut UU, lulusan yang siap pakai adalah produk dari jalur vokasi sedangkan lulusan jalur akademik disiapkan menjadi ilmuan yg mampu mengembangkan ilmu dan teknologi shg mereka tdak siap utk kerja. Akan tetapi pemerintah tdk konsisnten melaksanakan UU tsb.
    Menjadi WCU, PT penyelenggara pendidikan akademik harus menjadi riset sebagai kegiatan rutin, jangan seperti selama ini, riset hanya berbasis proyek (hibah), proyek berakhir maka risetpun berakhir.
    Tendensi sekarang, PT (baik negeri maupun swasta) berlomba-lomba meningkatkan jumlah lulusan shg kualitas terabaikan. Lulusan kurang berkualitas dan memiliki daya saing rendah shg terkesan PT hanya membagi-bagi Ijazah..Lama-lama, PT akan menjadi produser pengangguran yang bisa-bisa jadi pengacau….
    Demikian Prof, sekedar curhat juga. he…he…
    Happy New Year.

    Fakhili Gulo,

    • blakitan berkata:

      Terima kasih pak Fakhili Gulo. Nanti mungkin akan saya tanggapi lebih panjang. Tapi sekarang supaya tidak mempengaruhi jajak pendapat ini saya tidak komentar substansial dulu ya …

  2. linda suryani berkata:

    idealnya lulusan PT adalah SDM yg siap pakai, siap untuk bekerja dan siap untuk menciptakan lapangan kerja, untuk mencapai hal tsb sudah seharusnya PT membuka fakultas2 yang berkaitan dengan kebutuhan masa kini. diharapkan peran pemerintah untuk membenahi PT agar tidak lagi hanya memperbanyak jumlah lulusan tanpa dibarengi dg skill yg siap pakai

  3. syamsul berkata:

    Assww, salam dari STIPER Bumi Silampari di Lubulinggau yang sekarang telah menjadi Universitas Musi Rawas (Unmura), kitia di Unmura berusaha agar lulusannya dapat memanfaatkan secara optimal potensi daerah yang tersedia, kita yakin, insyaallah, kearifan lokal akan dapat menjadi ilmu/pengetahuan baru setelah kaji secara mendalam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: