Benyamin Lakitan

Beranda » Photography » Culture » Indonesia 45: Sepeda di Jakarta

Indonesia 45: Sepeda di Jakarta


Dulu di zaman Batavia, banyak orang naik sepeda dan juga merasa bergengsi kalo mampu punya sepeda. Sepeda diimpor dari Belanda.

Lalu orang mulai malu naik sepeda di Jakarta, merasa lebih bergengsi kalau naik sepeda motor, apalagi kalo naik mobil, apalagi kalo naik mobil mewah. Selain malu mungkin juga sudah tidak aman lagi kalo bersepeda di jalan raya, karena tidak ada jalur khusus sepeda.

Lalu ada yang mulai merasa rindu untuk naik sepeda. Sepeda onthel pun dicari lagi, diperbaiki, dipercantik. Lalu muncul kesadaran bahwa naik sepeda itu lebih sehat dan bersahabat dengan lingkungan. Naik sepeda tidak menyebabkan polusi.

Lalu ada kebijakan ‘Hari Bebas Kendaraan Bermotor’ di Jakarta, atau populer dikenal sebagai ‘Car Free Day’ (bukan ‘care free day’ ya!). Mulai dari 1 hari minggu dalam sebulan, lalu 2 hari minggu, dan sekarang setiap hari minggu. Hasrat orang untuk naik sepeda di jalan raya tersalurkan. Sekarang berbondong-bondong orang bersepeda di jalan protokol Thamrin-Sudirman. Muncul beberapa komunitas pencinta sepeda. Sepeda onthel, sepeda pixie yang warna-warni, sepeda jangkung/tinggi, sepeda untuk kendaraan ke kantor (atau ‘bike to work’), dan komunitas sepeda lainnya.

Anak-anak naik sepeda, remaja naik sepeda, orang dewasa naik sepeda, orang tua naik sepeda, orang sangat tua juga naik sepeda. Laki-laki dan perempuan, mungkin juga yang trans-gender. Ada sepeda yang jelek sudah mulai berkarat, ada pula sepeda mewah (harganya hampir sama dengan harga mobil sederhana).

Semua orang naik sepeda. Semua jenis sepeda ada. Mari bersepeda …SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

Iklan

3 Komentar

  1. Taqyudin berkata:

    makasih pak
    foto komunitas fixie kita d share d web bapak
    CFC (Comunity Fixie Cavoex)

  2. daris berkata:

    Assalam mulaikum. Om mau tanya ada yg pakai sepeda jangkung gak. Buat main di inbox 1 februari 2017. Butuh 3 orang dan sepedanya. Peminat harap hubungi saya DARIS O89613502011. Thanks..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: