Benyamin Lakitan

Beranda » Article » Slide 43: Mainstreaming Iptek dalam Pembangunan Nasional

Slide 43: Mainstreaming Iptek dalam Pembangunan Nasional


Hampir semua setuju bahwa iptek dibutuhkan untuk mewujudkan masa depan Indonesia yang lebih baik. Namun semua itu tidak akan terjadi dengan sendirinya. Iptek hanya akan berkontribusi jika dirancang dan dikembangkan sesuai dengan realita kebutuhan (demand-driven). Swedia lebih memilih menggunakan terminologi ‘challenge driven’. Walaupun maknanya kurang lebih sama, tapi kata ‘challenge’ mungkin dipilih untuk menggugah para pengembang teknologi bahwa persoalan ini penting, genting, dan merupakan tanggung jawab bagi semua pihak pengembang teknologi.

Untuk kasus Indonesia, paling tidak ada empat tantangan (quadruple challenge) utama, yakni [1] teknologi perlu dikembangkan berdasarkan potensi sumberdaya domestik dan diprioritaskan untuk pemenuhan pasar domestik atau menjadi solusi bagi permasalahan bangsa; [2] teknologi yang dikembangkan perlu diselaraskan dengan upaya pelestarian lingkungan agar dapat berkelanjutan; [3] teknologi yang dikembangkan perlu bersifat inklusif agar lebih banyak rakyat Indonesia yang dapat menggunakannya; dan pada akhirnya, sesuai amanah konstitusi maka [4] teknologi yang dikembangkan harus bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia.

Content Slide 43

Semoga para pengembang teknologi di Indonesia mulai lebih fokus pada upaya menyediakan teknologi yang relevan terhadap kebutuhan, handal secara teknis, dan kompetitif secara ekonomi. Demi kemajuan bangsa dan negara Indonesia.

Untuk slide lengkapnya, silahkan dilihat atau diunduh disini

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: