Benyamin Lakitan

Beranda » Photography » Architecture » Planet Earth 44: Nyhavn – The Hearth Beat of Copenhagen

Planet Earth 44: Nyhavn – The Hearth Beat of Copenhagen


Kawasan Nyhavn kayaknya merupakan kawasan dalam kota Copenhagen (Denmark, yang dalam aksara setempat ditulis sebagai ‘København’) yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Nama Nyhavn dalam bahasa Denmark berarti ‘pelabuhan baru’. Dulu memang ini wilayah pelabuhan yang ramai dan menjadi denyut nadi perekonomian setempat. Ada kanal yang menjorok dari laut ke arah jantung kota Copenhagen. Gedung di kedua sisi kanal yang dicat dengan warna-warni yang menyolok merupakan ciri khas kawasan ini. Jalan-jalan di kawasan ini, sebagaimana kawasan kota tua umumnya di Eropah, tersusun dari potongan batu granit seukuran batu bata yang ditata dengan rapih. Di sepanjang sisi jalan di tepi kedua sisi kanal berjajar payung/tenda restoran yang merupakan bagian ‘outdoor’ dari restoran pada gedung yang dicat warna-warni tersebut.

Saya berkesempatan mengunjungi Nyhavn di awal November. Sebetulnya yang paling ideal adalah pada musim panas, karena lebih bisa menikmati suasana santai sambil menikmati makan malam. Penduduk lokal biasanya duduk-duduk di ruang terbuka di depan restoran sambil minum bir.

Jika anda sewaktu kecil sering membaca seri buku dongeng yang dikarang oleh Hans Christian Andersen, maka beliau pada masa produktif menulis dongeng tersebut tinggal di kawasan ini, yakni di rumah/bangunan nomor 20. Beliau juga pernah tinggal di bangunan nomor 67 dan 18. Beberapa seniman/artis terkenal pada zaman tersebut juga menetap di Nyhavn.

Bangunan yang diyakini sebagai bangunan tertua di kawasan ini adalah bangunan no.9 yang dibangun tahun 1681. Desain arsitektur bangunan ini sampai sekarang tetap dipertahankan.

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

Iklan

1 Komentar

  1. Ray Restu Fauzi berkata:

    Ijin share photonya ya pak 😀 haha, keren”/…. kunjungin juga situs saya di http://www.ipb.ac.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: