Benyamin Lakitan

Beranda » Photography » Culture » Planet Earth 45: The Little Mermaid of Copenhagen

Planet Earth 45: The Little Mermaid of Copenhagen


Di Copenhagen ada patung puteri duyung kecil (Dalam bahasa Denmark: Den Lille havfrue) yang sangat terkenal dan didatangi oleh turis dari berbagai penjuru dunia (termasuk saya karena penasaran) sejak tahun 1913. Memang kecil patungnya, tingginya hanya 1,25 meter terbuat dari perunggu. Beratnya hanya 175 kilogram. Merupakan karya Edvard Eriksen. Patung ini dalam posisi duduk di atas batu. Batunya batu beneran. Lokasinya di tepi pantai di Langelinie.

Ide pembuatan patung ini datang dari Carl Jaconsen, anak dari pendiri perusahaan Carlsberg, yang sangat terpesona oleh tari balet tentang dongeng putri duyung di Royal Theater Copenhagen. Carl Jacobsen meminta Ellen Price (penari baletnya) untuk menjadi model untuk pembuatan patung tersebut, tetapi Ellen Price cuma setuju untuk menjadi model bagian kepalanya, sedangkan untuk bagian badannya yang telanjang menggunakan model Eline Eriksen, yang tidak lain adalah isteri dari pematungnya sendiri: Edvard Eriksen.

Patung kecil ini menjadi terkenal mungkin karena Hans Christian Andersen memasukkannya dalam cerita dongeng dengan judul yang sama:Den Lille havfrue. Namun, patung ini malangnya sering dirusak oleh berbagai pihak dengan berbagai alasan, termasuk alasan politik sejak pertengahan tahun 1960-an, tetapi selalu diperbaiki kembali. Misalnya pada tahun 1964 bagian kepala patung ini pernah dipotong dengan gergaji dan sampai sekarang tidak pernah ditemukan kembali. Kepala yang sekarang adalah dibuat baru sebagai penggantinya. Pada tahun 1984, tangan kanannya pernah dipotong, tapi 2 hari kemudian dikembalikan lagi. Tahun 1990 pernah juga dilakukan untuk memotong kembali kepala patung ini tapi tidak berhasil, hanya meninggalkan jejak berupa belahan gergaji. Tahun 1998 kepalanya berhasil dipotong lagi, tetapi dikembalikan diam-diam melalui stasiun TV setempat sekitar sebulan kemudian, lalu disambungkan kembali. Tahun 2003, pernah diledakkan dan hancur pada bagian pinggangnya dan terlepas dari batu tempat duduknya. Sering juga patung ini (yang telanjang) dikenakan baju atau dicat. Patung ini telah mengalami sejarah panjang mengalami prilaku vandalisme. Mungkin ini juga menyebabkannya semakin terkenal.

Tahun 2006, pemerintah Kota Copenhagen memutuskan untuk menggeser posisinya agak jauh dari tepi pantai agar tak mudah dijangkau. Pada tahun 2010, pernah juga patung ini dibawa dan dipajang di Paviliun Denmark pada Expo 2010. Ini kejadian pertama patung ini dibawa keluar Denmark.

Selain patung little mermaid yang tersohor ini, di Copenhagen banyak lagi patung-patung yang lain, baik yang klasik maupun yang modern. Jangan kaget, juga ada patung yang diletakkan di dalam air kanal di pinggir jembatan (bisa terlihat karena airnya jernih!)

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

Iklan

2 Komentar

  1. sitasupomo berkata:

    foto paling bawah keren Pak Ben! saya dulu dekat Nyhaven motret sepeda dalam air…. amaze karena kelihatan ya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: