Benyamin Lakitan

Beranda » Article » Slide 44: Kebijakan Inovasi untuk Meningkatkan Daya Saing Industri Nasional

Slide 44: Kebijakan Inovasi untuk Meningkatkan Daya Saing Industri Nasional


Agar hasil kegiatan riset dan pengembangan teknologi dapat berkontribusi nyata terhadap upaya menyejahterakan rakyat dan memajukan peradaban bangsa, maka teknologi tersebut harus didiseminasikan dan digunakan.

Teknologi akan digunakan jika: [1] Relevan dengan realita kebutuhan dan/atau persoalan yang dihadapi; [2] Sesuai kapasitas absorpsi pengguna potensialnya; [3] Kompetitif terhadap teknologi yang sudah tersedia untuk tujuan penggunaan yang serupa; dan [4] Berpotensi memberikan keuntungan ekonomi dan/atau sosial jika digunakan.

Dalam rangka mewujudkan kemandirian dan peningkatan daya saing, maka industri nasional perlu lebih berorientasi domestik, yakni berbasis pada potensi sumberdaya alam yang dimiliki dan diarahkan untuk memproduksi barang dan jasa yang sesuai dengan permintaan pasar domestik. Perlu diingat bahwa pasar domestik kita tergolong besar dan menjadi incaran banyak pihak. Selain itu, industri juga perlu didorong agar mendungkung implementasi ekonomi hijau untuk menjamin keberlanjutannya (sustainability) dan lebih socially inclusive, untuk memaksimalkan keterlibatan berbagai pelaku (SDM) dalam negeri yang terkait. Sejalan dengan ini, maka teknologi yang dikembangkan perlu selaras/relevan untuk mendukung kebutuhan industri yang berorientasi domestik, mendukung ekonomi hijau, dan bersifat inklusif ini. Dengan tiga pilar ini, diharapkan amanah konstitusi agar pembangunan iptek dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat dapat diwujudkan.

Content slide 44a

Slide lengkapnya bisa dilihat dan diunduh disini

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: