Benyamin Lakitan

Beranda » Article » Slide 46: Mengembangkan Sains – Membangun Masyarakat

Slide 46: Mengembangkan Sains – Membangun Masyarakat


“Pertumbuhan ekonomi Indonesia masih bertumpu pada sumberdaya alam, belum bersumber pada inovasi”, demikian pernyataan Wapres Boediono pada acara Peringkatan Hari Hak atas Kekayaan Intelektuan, tanggal 8 Mei 2012. Sudah lebih dari setahun yang lalu, tetapi masih dirasakan sangat aktual sampai saat ini. Demikian juga halnya dengan slide ini, walaupun telah dipresentasikan setahun yang lalu pada Konferensi Guru Nusantara di Unika Atma Jaya, Jakarta, tanggal 7-8 November 2012. Namun rasanya belum kadaluarsa untuk dinikmati.

Demikian juga kesimpulan van der Eng (2010) berikut ini: “The case of Indonesia appears that economic growth in recent decades was ‘perspiration’, rather than ‘inspiration’-based.” Pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga saat ini masih sangat dominan sebagai hasil dari kerja otot, sedangkan kontribusi iptek masih belum signifikan.

content Slide 46

Oleh sebab itu, strategi pembangunan nasional di masa yang akan datang harus diutamakan untuk meningkatkan kualitas dan relevansi kepakaran sumberdaya manusia Indonesia untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan sumberdaya alam yang dimiliki Indonesia. Terkait dengan ini, maka peranan para guru dan dosen menjadi sangat strategis dan vital dalam memastikan agar sumberdaya manusia Indonesia selain kapasitas intelektualnya menjadi lebih baik, juga relevansi kepakarannya lebih berkesesuaian dengan kebutuhan pembangunan Indonesia.

Slide lengkapnya bisa dilihat dan diunduh disini

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: