Benyamin Lakitan

Beranda » Photography » Culture » Planet Earth 47: Sepeda di Copenhagen

Planet Earth 47: Sepeda di Copenhagen


Sepeda merupakan sarana transportasi (sekaligus olahraga) yang sangat banyak digunakan di Copenhagen, Denmark (dan sebetulnya juga di sebagian besar kota di negara-negara Eropah lainnya). Bersepeda di kota seperti Copenhagen terlihat sangat menyenangkan karena: [1] ada jalur khusus sepeda pada hampir semua ruas jalan; [2] lalu lintas tidak terlalu padat dan lebih tertib; [3] udara yang lebih bersih dan suhu udara yang lebih nyaman; dan [4] budaya bersepeda mewabah ke semua jenjang/status sosial.

Di Jakarta, sudah ada komunitas ‘Bike to Work’. Anggotanya banyak, tapi masih sedikit yang konsisten untuk naik sepeda setiap pergi kerja, terutama karena akan menghadapi resiko akibat lalu lintas yang padat dan tidak disiplin, serta udara yang terpolusi gas buangan kendaraan bermotor plus debu. Bersepeda ke kantor dijamin berkeringat di Jakarta, cuma belum tentu semua karyawan punya akses untuk tempat mandi dan ganti baju setelah tiba di kantor.

Kalaupun belum memungkinkan bagi masing-masing kita pergi ke kantor (atau untuk keperluan lain) dengan bersepeda, tapi paling tidak kita harus lebih menghargai teman-teman yang sudah ‘berani’ naik sepeda ke kantor … ya kan?

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: