Benyamin Lakitan

Beranda » Photography » Architecture » Planet Earth 48: Marmorkirken i Kobenhavn

Planet Earth 48: Marmorkirken i Kobenhavn


Marmorkirken berarti gereja marmer, demikian gereja ini populer dikenal. Nama formal gereja ini adalah Gereja Frederik, merupakan gereja Evangelical Lutheran di Copenhagen, Denmark. Lokasinya berdampingan dengan atau merupakan bagian dari kompleks istana Amalienborg.

Gereja ini dirancang oleh arsitek Nicolai Eigtved pada tahun 1740. Gereja ini diklaim mempunyai kubah terbesar di kawasan negara-negara Skandinavia, yakni memiliki diameter 31 meter, tetapi ada 3 gereja lain dengan kubah lebih besar di Benua Eropah. Kubah ini ditopang oleh 12 pilar. Disain gereja ini mungkin terinspirasi dari St. Peter’s Basilica di Vatican, Roma.

Peletakan batu pertama dilakukan pendirian gereja ini dilakukan oleh Raja Frederik V pada tahun 1749, tetapi proses pembangunannya berjalan lambat karena terkendala dana. Malah pada tahun 1770 dibiarkan terbengkalai tidak selesai selama hampir 150 tahun dan pada tahun 1874 bangunan terbengkalai ini oleh pemerintah Denmark dijual kepada Carl Frederik Tietgen , dengan catatan untuk dilanjutkan penyelesaian pembangunannya sesuai dengan desain awal dan setelah itu diserahkan ke pemerintah. Sebagai kompensasinya, Carl Frederik Tietgen diberi hak atas lahan disekitarnya untuk dikembangkan. Transaksi ini menjadi kontrovesi pada saat itu dan menyebabkan menteri keuangan pada waktu itu dituduh korupsi, walaupun kemudian pengadilan memutuskan yang bersangkutan tidak bersalah.

Untuk penyelesaian gereja ini, desainnya diperbaharui oleh Ferdinand Meldahl sebagaimana bentuk yang dapat dilihat saat ini. Karena terkendala biaya, gereja yang semua direncanakan untuk seluruhnya menggunakan marmer, kemudian sebagian diganti dengan batu kapur (limestone).

Gereja ini mulai dibuka untuk publik pada tanggal 19 Agustus 1894.

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: