Benyamin Lakitan

Beranda » Photography » Landscape » Planet Earth 53: Holyrood Park Edinburgh, Scotland

Planet Earth 53: Holyrood Park Edinburgh, Scotland


Holyrood Park merupakan taman dengan lansekap perbukitan alami seluas 260 hektar yang berada di kota Edinburgh Skotlandia. Dalam kawasan taman ini terdapat beberapa danau dan tebing-tebing vertikal yang sering digunakan (dengan izin pengelola) untuk kegiatan panjat tebing. Taman ini bersebelahan dengan Istana Kerajaan yang dinamai Holyrood House. Pada mulanya, taman ini merupakan lokasi berburu bagi keluarga kerajaan. Taman ini mulai ditata pada tahun 1541 oleh Raja James V. Namun demikian, kemudian taman ini dijadikan taman publik.

Puncak perbukitan tertinggi di kawasan taman ini dikenal sebagai ‘Arthur’s Seat’ yang mempunyai ketinggian sekitar 250 meter, sehingga menjadi lokasi yang ideal untuk menikmati pemandangan kota Edinburgh. Puncak ini tidak sulit didaki, terutama dari sisi timur; walaupun sesungguhnya dapat didaki dari segala arah.

Bukit yang memanjang dengan tebing vertikal yang dikenal sebagai ‘Salisbury Crags’ merupakan bagian landsekap taman Holyrood lainnya yang menarik. Tebing ini menghadap ke arah Gedung Parlemen Skotlandia dan istana kerajaan. Ketinggian tebing rata-rata sekitar 45 meter. Bibir tebing ini merupakan tempat favorit para fotografer untuk memotret sunset di atas horizon kota Edinburgh. Dari lokasi ini beberapa bangunan bersejarah juga dapat terlihat, termasuk Edinburgh Castle.

Selain bukit dan tebing, daya tarik lainnya dari taman ini adalah keberadaan tiga danau, yakni danau St Margaret, Dunsapie, dan Duddingston. Danau Dunsapie yang terletak antara bukit Dunsapi dan puncak Arthur’s Seat merupakan ‘rumah’bagi beberapa jenis burung.

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: