Benyamin Lakitan

Beranda » Photography » Architecture » Planet Earth 66: The Tower of London

Planet Earth 66: The Tower of London


Tidak dapat dipastikan secara tepat kapan Tower of London mulai dibangun, tetapi yang pasti adalah bahwa pada tahun 1070-an, fase awal ‘White Tower’ yang merupakan bagian utama kompleks bagunan ini mulai dikerjakan. Batu untuk pembangunannya diimpor dari Normandy, tetapi pengerjaan pembangunan dilakukan dengan tenaga orang Inggris. Tada tahun 1100, White Tower selesai dibangunan.

Pada masa itu, Menara London ini merupakan ‘mega structure’ dengan dimensi 36 m x 32,5 m dan pada sisi selatan (dengan permukaan tanah yang paling rendah), tinggi menara ini mencapai 27,5 m. Bangunan Menara London ini terlihat sangat dominan menguasai cakrawala kota London pada waktu tersebut.

Menara London sebetulnya tidak dirancang untuk tempat tinggal raja/ratu Inggris, walaupun beberapa raja sempat menjadikannya tempat kediamannya. Bangunan ini lebih dirancang sebagai benteng. Oleh sebab itu disekeliling bangunan ini dibangun tembok pada sisi selatan dan timur; sedangkan pada sisi utara dan barat digali kanal selebar mencapai 7,5 m dan kedalaman mencapai 3,4 m. Fungsi Menara London sebagai benteng pertahanan berlangsung sampai akhir abad ke 19. Pada abad ke 14, di sekitar Menara London ditambah dengan beberapa bangunan tambahan yang terpisah dari bangunan menara, sehingga fungsinya sebagai benteng menjadi lebih kuat.

Pada tahun 1845, kanal yang gali untuk melindungi Menara London dikeringkan sehingga hanya menjadi parit kering. Pengeringan kanal ini dilakukan karena bau kurang sedap dari air yang menggenangi kanal tersebut. Selanjutnya pada tahun 1850-an, arsitek Anthony Salvin ditugaskan untuk merenovasi kompleks Menara London ini sekaligus menata rancangan bangunannya agar lebih bernuansa ‘medieval’ dan lebih indah dipandang. Hal ini dilakukan lebih untuk tujuan agar Menara London menjadi lebih menarik bagi para pengunjung. Pada penghujung era kekuasaan Ratu Victoria, tahun 1901, tercatat tidak kurang dari 1 juta pengunjung telah menapakkan kakinya di Menara London dalam setahun.

Sekarang Menara London telah menjadi obyek wisata yang dikenal secara luas. Pengunjungnya sudah lebih dari 2 juta setahun, berdatangan dari seluruh penjuru dunia. Menara London ini terletak persis bersebelahan dengan Tower Bridge.

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: