Benyamin Lakitan

Beranda » Photography » Architecture » Planet Earth 67: The London Eye

Planet Earth 67: The London Eye


London Eye merupakan roda raksasa yang menyerupai bentuk roda sepeda (giant ferris wheel) yang berputar perlahan. Butuh waktu 30 menit untuk menyelesaikan 1 putaran. Pada sisi luar lingkaran roda, dilekatkan sebanyak 32 kapsul transparan untuk penumpang/pengunjung. Berat tiap kapsul sekitar 10 ton dan dapat menampung 25 penumpang yang boleh bergerak bebas, walaupun di bagian tengah kapsul disediakan tempat duduk. Kapsul ini ikut berputar dengan arah berlawanan secara tersinkronisasi dengan akurat sehingga posisi lantai di dalamnya, tempat penumpang berdiri selalu datar. Dengan demikian maka penumpang tidak menyadari bahwa kapsul tersebut sesungguhnya ikut berputar menyesuaikan dengan laju perputaran roda raksasa ini. Karena putaran rodanya yang lambat, maka roda terus berputar saat penumpang naik maupun turun.

Tinggi struktur London Eye ini secara keseluruhan (struktur penyangga + roda raksasa + kapsul pada saat mencapai posisi tertinggi) adalah 135 meter; sedangkan diameter rodanya sendiri adalah 120 meter. Pada saat didirikan (1999), London Eye merupakan ferris wheel tertinggi di dunia, tetapi saat ini hanya berada pada urutan ketiga, setelah Star of Nanchang (didirikan tahun 2006) yang mempunyai tinggi 160 meter dan Singapore Flyer (didirikan tahun 2008) dengan tinggi 165 meter. Namun demikian, London Eye masih memegang rekor tertinggi di Eropah.

London Eye tetap menjadi atraksi rekreasi yang banyak dikunjungi, yakni mencapai lebih dari 3,5 juta pengunjung per tahun. Daya tarik ini antara lain karena lokasinya yang berada di pusat kota London, di tepi selatan Sungai Thames, persisnya diantara Westminster Bridge dan Hungerford Bridge, serta berdekatan dengan banyak bangunan bersejarah dan penting (iconic buildings), sehingga memberi kesempatan kepada pengunjung untuk menikmati panorama kota London yang spektakuler pada siang maupun malam hari. Sampai tanggal 1 Februari 2013, London Eye merupakan titik tertinggi dimana publik bisa menikmati kota London, sebelum lantai observasi (observation deck) di Lantai 72 gedung The Shard dibuka untuk publik, yang berada pada ketinggian 245 meter.

London Eye sempat beberapa kali berganti nama sesuai dengan pemilik/pengelola/sponsornya, yakni Millennium Wheel, British Airways London Eye, Merlin Entertainments London Eye, dan sejak 20 Januari 2011 menjadi EDF Energy London Eye.

Tim arsitek yang merancang London Eye terdiri dari Frank Anatole, Nic Bailey, Steve Chilton, Malcolm Cook, Mark Sparrowhawk, dan pasangan suami-istri Julia Barfield dan David Marks. Komponen London Eye dibuat atau berasal dari 6 negara Eropah, yakni UK (komponen listrik), Belanda (fabrikasi komponen baja), Itali (seling, kabel), Jerman (bearing ), Ceko (spindle and hub), Perancis (kapsul; dengan bahan kacanya dari Italia).

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: