Benyamin Lakitan

Beranda » Photography » Architecture » Planet Earth 69: The Shard London – The Tallest Building in Western Europe

Planet Earth 69: The Shard London – The Tallest Building in Western Europe


Gedung The Shard di London ini sempat menjadi gedung tertinggi di Benua Eropah pada saat selesai dibangun (Juli 2012), tetapi kemudian kalah tinggi dibanding Mercury City Tower di Moscow yang pada saat topped out pada tanggal 1 November 2012 telah mencapai 339 meter.

Membangun proyek raksasa hampir selalu menimbulkan kontroversi, termasuk pembangunan pencakar langit ini. Pihak yang tidak setuju khawatir bahwa kehadiran menara dengan arsitektur modern ini akan mengalahkan keindahan arsitektur bangunan-bangunan peninggalan sejarah dan budaya Inggris, termasuk dikhawatirkan akan menutupi pandangan ke arah Saint Paul’s Cathedral.

Rencana awalnya, tinggi menara ini ditargetkan 1.200 kaki terdiri dari 87 lantai dengan taksiran biaya pembangunannya mencapai £600,000,000; tetapi kemudian dirancang ulang sehingga tingginya menjadi 310 meter atau 1.016 kaki. The Shard menggunakan konstruksi yang berbeda dengan kebanyakan gedung tinggi yang menggunakan rangka baja pada bagian atas dan beton di bagian bawah, yakni dengan melakukan sebaliknya, yakni rangka baja di bagian bawah dan beton di bagian atas. Pertimbangan utamanya adalah penggunaan rangka baja pada bagian bawah agar dapat membangun ruang yang lebih luas untuk perkantoran dengan tanpa perlu banyak tiang (longer column-free spans); sedangkan penggunaan beton di bagian atas untuk hunian akan mampu mengurangi kebisingan dan agar lebih stabil ketika diterpa angin kencang.

Eksterior bangunan dilapisi dengan kaca ‘extra white’ agar mampu memantulkan cahaya dan citra langit lebih jelas dibandingkan dengan bahan lain. Efek dari penggunakan jenis kaca ini adalah pada kondisi cuaca tertentu bagian puncak menara ini memiliki warna yang sangat mirip dengan warna langit sehingga nyaris tak terlihat. Efek lainnya penampilan luar menara ini berubah-ubah sesuai perubahan iklim.

Proses perizinan membangun The Shard mulai diajukan bulan Maret 2001, tetapi pembangunannya baru dimulai pada bulan Februari 2009, antara lain karena adanya kontroversi dan persoalan pendanaan. Konstruksi selesai dikerjakan pada tahun 2012 dan dilakukan inaugurasi pada bulan Juli 2012. Pembangunan menara ini menghabiskan biaya sekitar £450,000,000.

Rancangan The Shard dilakukan oleh arsitek Renzo Piano.

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

Iklan

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: