Benyamin Lakitan

Beranda » Photography » Architecture » Planet Earth 70: The Royal Mile in Edinburgh

Planet Earth 70: The Royal Mile in Edinburgh


The Royal Mile merupakan poros jalan utama yang berada di tengah kawasan kota tua Edinburgh. Jalan ini menanjak mulai dari Queen Palace atau disebut juga Palace of Holyroodhouse pada ujung yang paling rendah menanjak menuju Edinburgh Castle yang berada di atas bukit. Jalan ini secara tradisi selama sekitar 500 tahun terakhir merupakan rute prosesi raja atau ratu, oleh sebab itu dinamakan The Royal Mile.

Sepanjang jalan ini banyak terdapat dan masih terpelihara baik bangunan-bangunan bersejarah, termasuk Gladstone’s Land, Writers’ Museum, Mary King’s Close, John Knox House, dan Museum Edinburgh. Sepanjang sisi kiri dan kanan jalan ini banyak terlihat gang sempit atau tangga yang merupakan akses menuju jalan ini. Sangat mengesankan suasana kota tua. Di sisi jalan ini juga terdapat St Giles Cathedral yang berdiri kokoh dan megah dengan bagian atapnya terdapat ornament berbentuk mahkota. Katedral ini dibangun pada masa King David I tahun 1120-an. Di depan katedral terhampar plaza yang berbentuk hati.

Gedung Parlemen Skotlandia yang baru dengan gaya arsitektur modern dan unik dirancang oleh Enric Miralles, juga terdapat di sisi jalan ini pada posisi dekat dengan Queen Palace.

Saat ini the Royal Mile merupakan kawasan yang paling banyak dikunjungi turis yang berkesempatan berkunjung ke Edinburgh (merupakan ibukota Skotlandia). Lokasi ini tergolong mudah dijangkau karena stasiun kereta api Waverley dan stasiun bus Saint Andrew’s Square juga tak jauh dari sini, masih dalam jangkauan untuk berjalan kaki. Selain banyak tempat bersejarah, di sepanjang the Royal Mile banyak dijumpai restoran dan toko cinderamata khas Skotlandia. Menurut saya the Royal Mile merupakan kawasan yang wajib dikunjungi jika berkesempatan berkunjung ke Edinburgh.

Sepanjang jalan ini juga sering dijumpai orang meyajikan pertunjukan tradisional, misalnya meniup bagpipe, berpakaian tradional skotlandia, atau pertunjukan lainnya. Jika berkenan, anda dipersilahkan untuk memberi koin ke tempat yang mereka sediakan sebagai bentuk apresiasi.

SONY DSC
Queen Palace atau Palace of the Holyroodhouse

SONY DSC
Cafe di depan Queen Palace

SONY DSC
Saint Giles Cathedral

SONY DSC
The Hub

SONY DSC
Peniup Bagpipe

SONY DSC
The Scotch Whisky Experience

SONY DSC
Suasana jalan The Royal Mile

SONY DSC
Edinburgh Castle

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: