Benyamin Lakitan

Beranda » Photography » Landscape » Planet Earth 71: Amazing Landscape of Glencoe, Scotland

Planet Earth 71: Amazing Landscape of Glencoe, Scotland


Glencoe merupakan salah satu lokasi wisata yang sangat popular di Skotlandia, antara lain karena lansekapnya yang sangat menakjubkan indahnya, juga karena sejarahnya, serta karena akses menuju ke lokasi ini yang relatif mudah karena berada pada jalur utama ke utara Skotlandia dari Glasgow, yakni melalui jalan A82. Pengunjung ke lokasi ini selain wisatawan umum dengan tujuan untuk menikmati keindahan alamnya, juga banyak para pendaki yang tertantang untuk memanjat tebing dan bukit batu yang banyak terdapat di kawasan ini.

Secara geologis, kawasan ini dulunya merupakan sebuah gunung berapi yang sangat besar (super volcano) yang terakhir kali meletus pada 420 juta tahun yang lalu pada perioda Silurian dan sekarang sama sekali sudah tidak aktif lagi. Lansekap yang sekarang terbentuk selain akibat letusan gunung berapi tersebut, juga akibat proses glasiasi selama zaman es 10 ribu tahun yang lalu.

Saat ini, kawasan Glencoe ini merupakan bagian dari National Scenic Area of Ben Nevis and Glencoe yang dimiliki dan dikelola oleh National Trust for Scotland (NTS). Lahan kawasan ini dibeli oleh NTS pada tahun 1930-an dengan menggunakan dana sumbangan dari Scottish Mountaineering Club (SMC) yang ternyata sebagian besar dana ini berasal dari uang pribadi Percy Unna.

Percy Unna mengajukan beberapa harapan tentang bagaimana NTS hendaknya mengelola kawasan ini, terutama terkait pengaturan akses dan pemeliharaan agar kawasan ini tetap terjaga kealamiannya. Prinsip pengelolaan kawasan ini kemudian dikenal sebagai the Unna Principles, yang sampai sekarang masih dipegang teguh oleh NTS. Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika kawasan ini tetap terpelihara kealamiannya. Selain sedikit lahan pertanian (umumnya pengembalaan ternak), satu-satunya pemukiman dalam wilayah ini adalah desa Glencoe yang berada di ujung barat kawasan, berdekatan dengan Invercoe yang terletak di muara Sungai Coe ke danau Leven atau Loch Leven.

Glencoe juga menyimpan sejarah kelam di masa lalu, yang dikenal sebagai pembunuhan massal Glencoe terhadap 38 pria anggota Clan MacDonald of Glencoe oleh tamu yang telah dijamu dan menginap di rumah-rumah mereka di tiga lokasi (Invercoe, Inverrigan, dan Achnacon) secara berbarengan pada subuh tanggal 12 Februari 1692. Selain para pria itu, 40 wanita dan anak-anak juga meninggal karena rumah mereka yang dibakar saat pembunuhan massal tersebut terjadi. Pembunuhan massal ini dilatarbelakangi karena Clan MacDonald tersebut terlambat menyampaikan secara langsung sumpah setianya kepada William dan Mary sebagai monarki baru pada waktu itu.

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

????????

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: