Benyamin Lakitan

Beranda » Photography » Architecture » Planet Earth 73: Big Ben, Parliament Building, and Westminster Abbey

Planet Earth 73: Big Ben, Parliament Building, and Westminster Abbey


Tiga bangunan bersejarah yang sekaligus menjadi ikon kota London yang dikenal luas di wilayah Westminster adalah Big Ben, Parliament Building, dan Westminster Abbey. Nama Big Ben yang sekarang dikenal sebagai jam ‘gadang’ London ini, semula sebetulnya diberikan hanya untuk lonceng utama atau great bell seberat 13,5 ton sebagai komponen jam gadang tersebut disamping ada 4 lonceng lainnya yang lebih kecil. Namun sekarang nama tersebut diasosiasikan dengan keseluruhan bangunan menara berikut 4 jam di bagian atasnya. Selain itu, secara resmi atas keputusan parlemen, sejak 2012 nama menara ini dinamakan the Elizabeth Tower, dalam rangka merayakan diamond jubilee Ratu Elizabeth II.

Tinggi menara jam Big Ben ini mencapai 96 meter, namun demikian tidak lagi menjadi menara jam tertinggi di dunia. Selesai dibangun pada tahun 1858. Big Ben merupakan bagian dari Gedung Parlemen Inggris atau Palace of Westminster. Walaupun arsitek utama untuk pembangunan ulang gedung parlemen yang bergaya Neo-gothic ini (karena terbakar pada malam 16 Oktober 1834) adalah Charles Barry, tapi khusus untuk Big Ben, rancangannya diserahkan kepada Augustus Pugin. Ironisnya, Big Ben merupakan karya Pugin yang terakhir sebelum menjadi gila dan meninggal.

Walaupun Big Ben merupakan salah satu atraksi utama kota London, namun interior Big Ben tidak terbuka untuk turis asing, hanya dizinkan untuk penduduk Inggris dengan pengaturan khusus melalui anggota parlemen dari wilayah masing-masing. Untuk naik menara Big Ben ini tidak ada lift, jadi harus mendaki sebanyak 334 anak tangga. Perlu juga diketahui bahwa menara Big Ben sekarang diketahui mulai agak miring ke arah barat laut (north west).

Westminster Abbey secara formal dinamakan Collegiate Church of St Peter at Westminster dan berlokasi di seberang jalan dari Gedung Parlemen. Westminster Abbey menjadi terkenal antara lain karena menjadi tempat koronasi raja dan ratu kerajaan Inggris serta tempat pelaksanaan pernikahan keluarga kerajaan. Pengukuhan (koronasi) raja dan ratu Inggris di gereja ini dimulai sejak Raja Harold tahun 1066. Hanya Raja Henry III yang awalnya koronasinya tidak dilakukan disini tetapi di Gloucester Cathedral, karena pada waktu itu London dikuasai oleh Pangeran Louis dari Perancis, tetapi kemudian prosesi koronasi dilakukan ulang di Westminster Abbey. Keluarga kerajaan yang menikah di gereja ini tidak kurang dari 16 pasangan, mulai dari Raja Henry I pada tanggal 11 November 1100 dan terakhir pernikahan Pangeran William dengan Catherine (Kate) Middleton tanggal 29 April 2011.

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

????????

SONY DSC

SONY DSC

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: