Benyamin Lakitan

Beranda » Photography » Architecture » Planet Earth 74: Modern Buildings in London

Planet Earth 74: Modern Buildings in London


London adalah kota tua penuh sejarah. Banyak sekali bangunan tua yang menjadi ikon kota London, tetapi agar tidak lupa bahwa London juga tidak imun terhadap pengaruh arsitektur modern. Selain itu, peningkatan kebutuhan ruang kerja dan hunian yang terus bertambah, tidak memungkinkan bagi kota metropolitan sebesar London untuk terus mengandalkan batu alam dan kayu sebagai bahan bangunan.

Ekploitasi sumberdaya alam sudah semakin terbatas dan dibatasi. Desakan untuk membuat bangunan yang lebih berwawasan ekologis (green building) karena lebih hemat dalam pemakaian energi di satu sisi; dan dari sisi lain, kemajuan teknologi telah mampu menghasilkan bahan bangunan sintetis atau hasil fabrikasi yang lebih kuat, lebih mudah diolah, relatif lebih murah di bandingkan bahan alam, dan ekologis telah bermuara pada transformasi arsitektur bangunan dari goethic yang kaya ornamen ke gaya minimalis yang lebih mengutamakan aspek fungsional bangunan. Dimulailah periode gedung berbentuk geometris dengan dinding luar didominasi bahan kaca. Dinding kaca untuk negara empat musim akan lebih hemat energi untuk pemanas udara dan penerangan, terutama pada musim dingin, karena kaca dapat berfungsi memerangkap energi dari cahaya matahari (greenhouse effect).

Gedung-gedung dalam foto-foto ini berlokasi di pinggir Sungai Thames antara London Bridge dan Tower Bridge dan pada satu kawasan dengan The Shard, menara tertinggi di London dan Eropah Barat.

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: