Benyamin Lakitan

Beranda » Article » Course Material 07 : S3 Pertanian UNSRI – Etika Penelitian

Course Material 07 : S3 Pertanian UNSRI – Etika Penelitian


Walaupun isu/topik yang diteliti sangat relevan dan penting, secara keilmuan juga sangat maju, kemungkinan pula akan menghasilkan teknologi yang super canggih, pelaksanaannya menggunakan peralatan riset yang sangat sophisticated, sampel datanya sangat besar, analisis statistiknya sangat kompleks, dan menghabiskan biaya milyaran rupiah. Semua ini menjadi tidak bermakna jika penelitian ini dilakukan secara tidak beretika. Misalnya, terjadi fabrikasi data, falsifikasi material yang digunakan, atau melakukan plagiarisme dengan mencuri ide/gagasan orang lain atau diam-diam menjiplak karya peneliti lain.

aib utama penelitian

Etika sangat penting dalam dunia akademik, termasuk dalam semua aspek kegiatan penelitian, mulai dari konseptualisasi ide, perencanaan penelitian, prosedur pelaksanaannya, pengumpulan dan analisis data, dan publikasi hasil penelitiannya.

Selain kapasitas akademiknya yang tinggi, peneliti juga harus dapat dipercaya. Peneliti yang profesional sadar betul bahwa ia mempunyai tiga lapis tanggung jawab, yakni tanggung jawab terhadap diri sendiri, komunitas akademik, dan kepada publik.

Slide pelengkap untuk materi kuliah ini bisa dilihat dan diunduh disini

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: