Benyamin Lakitan

Beranda » Article » Course Material 08 : S3 Pertanian Unsri – Etika Penulisan & Publikasi Ilmiah

Course Material 08 : S3 Pertanian Unsri – Etika Penulisan & Publikasi Ilmiah


Menulis dan mempublikasikan hasil penelitian bukan merupakan pilihan bagi peneliti dan akademisi, tapi merupakan kewajiban, apalagi jika penelitian tersebut dibiayai dari dana publik yang dikelola oleh pemerintah. Mempublikasikan hasil penelitian merupakan bentuk pertanggungjawaban peneliti/akademisi kepada publik.

Selain merupakan tanggung jawab formal dan moral, publikasi hasil penelitian juga memberikan dampak sangat positif bagi peneliti/akademisi yang bersangkutan; karena berdasarkan publikasi tersebut, peneliti/akademisi menjadi dikenal (mudah2an juga menjadi terkenal). Reputasi peneliti/akademisi dibangun berdasarkan kualitas dan kemanfaatan hasil penelitiannya yang dipublikasikan tersebut. Oleh sebab itu, tidak sepatutnya peneliti/akademisi menganggap kewajiban untuk publikasi sebagai tambahan beban. Publikasi perlu diposisikan sebagai sarana untuk memperkenalkan atau mempromosikan diri kepada komunitas akademik maupun kepada publik.

Namun realitanya masih menyedihkan di Indonesia, karena publikasi ilmiah yang dihasilkan peneliti/akademisi Indonesia masih sangat sedikit.

Penulisan dan publikasi ilmiah wajib dilakukan secara beretika. Publikasi tidak boleh berbasis pada data fiktif (fabrikasi) atau manipulatif (falsifikasi); bebas dari jiplakan atas ide atau tulisan orang lain (plagiarisme); dan tidak boleh mempublikasikan hasil penelitian yang sama pada lebih dari satu jurnal atau prosiding (duplikasi/replikasi).

Pelanggaran etika penulisan dan publikasi ilmiah ini masih sering terjadi di Indonesia, bukan cuma oleh mahasiswa S1 atau S2 dan dosen muda, tetapi juga dilakukan oleh kandidat doktor dan profesor. Oleh sebab itu, materi etika penelitian, penulisan, dan publikasi ilmiah perlu diintensifkan pengajarannya pada semua jenjang pendidikan di Indonesia.

AA Banyu Perwita

M Zuliansyah

Ipong S Azhar

Untuk slide materi kuliah ini bisa dilihat dan diunduh disini

Iklan

2 Komentar

  1. Alhanan nasir berkata:

    Assalamu’alaikum ww

    Kami berterima kasih atas materinya, hal dapat memudahkan mendapat dan mempelajari
    ilmu dari prof.

    Palembang, 12 Peb 2014
    Alhanan nasir/mhs s3 unsri

    • blakitan berkata:

      Saya juga senang mengajar kelas ini. Tidak cuma karena substansi materi yang kita sharing pada kelas ini, tapi juga karena mahasiswanya aktif mengajukan pendapatnya dalam setiap sesi kelas …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: