Benyamin Lakitan

Beranda » Article » Slide 48: Etika sebagai Fondasi Pembangunan Iptek

Slide 48: Etika sebagai Fondasi Pembangunan Iptek


Banyak yang lupa bahwa tak ada teknologi yang hebat jika dalam pengembangannya aspek etika riset diabaikan. Tak ada maknanya bagi seorang peneliti yang mampu mempublikasikan banyak artikel di jurnal ilmiah, jika data yang digunakan merupakan hasil fabrikasi. Untuk apa berhasil mendapatkan gelar S3 jika disertasi yang ditulis mengandung (apalagi jika banyak) bagian yang menjiplak atau plagiarisme.

Indonesia saat ini sedang giat mendorong agar akademisi dan peneliti lebih banyak menghasilkan publikasi ilmiah dan/atau mendaftarkan paten untuk hasil temuannya. Indonesia juga giat mengirim dosen, peneliti, atau perekayasa untuk melanjutkan pendidikannya pada jenjang yang lebih tinggi, agar terlihat secara statistik makin tinggi persentase penduduk Indonesia yang menjadi sarjana, magister, atau doktor. Indonesia melakukan banyak hal untuk mendorong pembangunan iptek agar lebih maju.

Tetapi terkesan kedodoran dalam membangun etika ilmiah. Banyak kasus plagiarisme yang mulai terungkat, termasuk yang dilakukan oleh high profile individual. Menyedihkan memang. Etika harusnya dijadikan fondasi untuk semua upaya yang dilakukan, termasuk dalam [1] meningkatkan relevansi riset dengan realitas persoalan atau kebutuhan; [2] meningkatkan kualitas hasil penelitian dan teknologi yang dikembangkan agar kompetitif; dan [3] meningkatkan produktivitas lembaga riset dan perguruan tinggi dalam menghasilkan karya ilmiah atau teknologi yang bermanfaat.

Slide lengkap untuk presentasi ini dapat diunduh disini

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: