Benyamin Lakitan

Beranda » Photography » Culture » Indonesia 82: Pasola Waiha 2014, Kecamatan Kodi, Sumba Barat Daya

Indonesia 82: Pasola Waiha 2014, Kecamatan Kodi, Sumba Barat Daya


Pasola pada dasarnya merupakan tradisi perang-perangan dengan menunggang kuda dan menggunakan lembing sebagai senjata dalam masyarakat Sumba Barat (termasuk Kabupaten Sumba Barat Daya yang merupakan kabupaten pemekaran dari Kabupaten Sumba Barat). Perang-perangan ini dilakukan secara massal. Biasanya peserta dibagi dalam dua kelompok yang saling berhadapan. Acara ini dilaksanakan di lapangan rumput yang menjadi representasi dari padang savana yang banyak terdapat di Pulau Sumba. Walaupun realitanya padang savana lebih luas di Kabupaten Sumba Timur, namun tradisi pasola ini tidak ada di masyarakat Sumba Timur.

Pasola dilaksanakan pada bulan Februari dan Maret setiap tahunnya. Diselenggarakan di beberapa desa secara begiliran. Namun waktu pelaksanaannya tidak ditentukan jauh-jauh hari sebelumnya dan tidak berdasarkan penanggalan masehi. Tanggal pelaksanaan ditentukan oleh pemuka adat yang melakukan perhitungan berdasarkan fenomena munculnya cacing laut yang disebut sebagai ‘nyale’. Selain dilaksanakan di kecamatan Wanokaka, Lamboya, dan Gaura; kegiatan pasola pada tahun 2014 dilaksanakan juga di Kabupaten Kodi.

Selain acara perang-perangan berkuda, acara pasola sering juga diawali dengan tarian dengan iringan musik tradisional setempat.

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

Iklan

3 Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: