Benyamin Lakitan

Beranda » Photography » Indonesia » Indonesia 87: Savana Sumba Timur di Musim Hujan

Indonesia 87: Savana Sumba Timur di Musim Hujan


Pada awalnya seluruh Pulau Sumba secara administratif di kelola dalam satu kabupaten saja, lalu dimekarkan menjadi 2 kabupaten, yakni Kabupaten Sumba Barat dan Kabupaten Sumba Timur. Kemudian Kabupaten Sumba Barat dimekarkan menjadi Kabupaten Sumba Tengah dan Kabupaten Sumba Barat. Sselanjutnya Kabupaten Sumba Barat dimekarkan lagi menjadi Kabupaten Sumba Barat dan Kabupaten Sumba Barat Daya. Walhasil, saat ini Kabupaten Sumba Barat malah menjadi kabupaten yang terkecil di Pulau Sumba.

Padang savana lebih banyak di wilayah Kabupaten Sumba Timur yang iklimnya lebih kering dibandingkan di wilayah barat Sumba yang relatif lebih tinggi curah hujannya. Sekitar 2/3 wilayah Kabupaten Sumba Timur adalah padang savana (seperti tampak pada foto-foto di bawah ini). Pada musim hujan (Desember s/d Maret), savana ini terlihat menghijau; namun pada musim kemarau rumput-rumput akan mati dan padang savana ini berubah warna menjadi coklat dan gersang …

Foto-foto ini diambil antara 21 s/d 26 Maret 2014.

SONY DSC

SONY DSC

????????

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

Iklan

3 Komentar

  1. wow… jadi ini foto sabana di sumba? sangat luas dan hijau. sangat sejukdan asri. jangan dirusak seperti hutan-hutan di jawa dan sumatra. apakah di sana waktu musim hujan sering hujan deras seperti di jawa pak ya? apakah di sana juga sering banjir?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: