Benyamin Lakitan

Beranda » Photography » Culture » Indonesia 88: Pertanian Tanaman Pangan di Pulau Sumba

Indonesia 88: Pertanian Tanaman Pangan di Pulau Sumba


NTT memang dikenal sebagai propinsi yang paling kering di Indonesia. Pulau Sumba merupakan pulau yang iklimnya lebih kering di bandingkan dengan Flores. Kabupaten Sumba Timur lebih kering lagi dibandingkan dengan Sumba Tengah dan Sumba Barat. Tapi selama musim hujannya yang singkat (sekitar 4 bulan) dan dibantu prasarana irigasi di lokasi tertentu, ternyata masyarakat di wilayah ini juga menanam padi. Namun tanaman pangan utama yang dibudidayakan masyarakat Sumba adalah jagung. Di Kabupaten Sumba Barat Daya, banyak masyarakat yang bertanam padi ladang.

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

Iklan

2 Komentar

  1. Caro Lina berkata:

    apa Locusta migratoria masih menjadi masalah bagi Sumba ? apakah masyarakat berhasil menanggulanginya ? semoga tidak ada lagi cerita bahan pangan petani dihabiskan oleh Locust ….. Sumba cantik sekali memang – semoga rakyat nyalah yang memanfaatkannya untuk kesejahteraan mereka ….

    • blakitan berkata:

      Tahun ini kelihatannya tanaman padi (hampir panen pada Kabupaten Sumba Barat Daya) tidak terserang hama belalang kembara tersebut, sebagaimana terjadi pada tahun 1998. Sementara itu di sebagian wilayah Kabupaten Sumba Timur, tanaman padi belum berbunga, malah ada petani yang baru mulai menanam padi.

      Sebetulnya rakyat Sumba sangat berpeluang untuk lebih sejahtera, apalagi jika tradisi/adat yang kontra-produktif (seperti pemotongan hewan ternak yang berlebihan pada saat ada warga yang meninggal) dapat dikendalikan secara bijak, dipelopori oleh pemuka masyarakat setempat. Upaya pembatasan jumlah pemotongan hewan untuk acara adat oleh pemerintah terkesan tidak efektif …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: