Benyamin Lakitan

Beranda » Photography » Indonesia » Indonesia 96: Pantai Malikan, Jember, Jawa Timur

Indonesia 96: Pantai Malikan, Jember, Jawa Timur


Tanjung Papuma berada di pesisir selatan Jawa Timur, atau persisnya di Kabupaten Jember. Menjorok ke laut dengan satu sisinya menghadap ke timur sehingga bisa melihat matahari terbit (sunrise) dan sisi lainnya menghadap ke barat sehingga bisa melihat matahari terbenan (sunset).

Sisi yang menghadap ke timur mempunyai hamparan pasir putih dengan garis pantai yang cukup panjang dan dengan ombak yang lebih kecil karena terlindungi oleh pulau-pulau karang yang berada di depan menghalangi ombak besar dari Samudera Hindia. Pulau-pulau batu tersebut berfungsi sebagai pemecah ombak. Perahu nelayan banyak ditambatkan di sisi berpantai pasir putih ini. Berdasarkan karakteristiknya ini maka pantai sisi menghadap ke timur ini dinamakan Pantai Pasir Putih.

Sisi yang menghadap ke barat lebih terbuka langsung ke Samudera Hidia, sehingga ombaknya besar. Untuk sisi sebelah barat ini masyarakat dilarang untuk berenang karena gulungan ombak bisa membahayakan jika orang nekat berenang di sisi menghadap ke barat ini. Bagian pantai yang menghadap ke barat ini dinamakan Pantai Malikan.

Dua pantai ini, Pasir Putih dan Malikan, yang kemudian disingkat menjadi Papuma (Pasir Putih + Malikan). Foto-foto di bawah ini diambil pada sisi menghadap ke barat: Pantai Malikan.

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: