Benyamin Lakitan

Beranda » Photography » Indonesia » Indonesia 104: Rawa Pasang Surut Kalimantan Selatan

Indonesia 104: Rawa Pasang Surut Kalimantan Selatan


Ketersediaan lahan yang subur untuk pertanian tanaman pangan semakin terbatas akibat konversi penggunaannya untuk kegiatan non-pertanian dan konversi komoditas yang dibudidayakan ke tanaman non-pangan. Selain itu, pengurangan ketersediaan lahan juga terjadi akibat degradasi kualitas lahan akibat pencemaran atau salah kelola.

Perhatian dan harapan agar lahan-lahan sub-optimal dapat dimanfaatkan untuk produksi pangan semakin besar, termasuk lahan-lahan rawa. Lahan rawa di Indonesia tersebar di beberapa pulau, yaitu Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Irian Jaya. Luas lahan rawa Indonesia diperkirakan mencapai lebih dari 33 juta hektar, yang terdiri dari sekitar 20 juta hektar lahan pasang surut dan 13 juta hektar lahan rawa lebak. Saat ini baru sekitar 4 juta hektar (dari total 33 juta hektar) yang telah dikelola untuk kegiatan pertanian baik atas inisiatif masyarakat maupun melalui program pemerintah.

Foto-foto yang dijepret dari pesawat terbang ini menunjukkan sebagian dari rawa pasang surut di Kalimantan Selatan yang telah dikelola dengan baik untuk budidaya padi. Tapi ada juga yang terlihat mulai diurug/ditimbun untuk kepentingan non-pertanian, terutama yang dekat dengan jalan.

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: