Benyamin Lakitan

Beranda » Photography » Culture » Indonesia 110: Nelayan Pantai Burong Mandi, Belitung Timur

Indonesia 110: Nelayan Pantai Burong Mandi, Belitung Timur


Nelayan yang mangkal di Pantai Burong Mandi bisa dibilang semuanya menggunakan perahu kater. Perahu kater tradisional menggunakan layar, tapi sekarang perahu kater yang digunakan nelayan Pantai Burong Mandi sudah menggunakan mesin. Perahu-perahu ini dicat warna-warni sehingga terlihat indah dan mungkin dikira orang sebagai perahu untuk wisata. Apalagi Pantai Burong Mandi juga memang merupakan salah satu lokasi wisata yang tidak jauh dari Kota Manggar, ibukota Kabupaten Belitung Timur. Perahu-perahu dicat sebetulnya bagi nelayan lebih untuk tujuan agar perahu kayu tersebut lebih awet karena kayunya menjadi tidak menyerap air.

Sebagian besar perahu nelayan di Pantai Burong Mandi tidak ditarik ke darat saat tidak digunakan, Hanya diikat dengan tali pada jangkar yang diletakkan di pasir pantai. Mungkin ini menjadi indikasi bahwa laut disini relatif tenang, atau bisa juga karena akan menjadi lebih siap jika ada wisatawan yang ingin menyewa untuk rekreasi di laut. Hanya mesinnya yang ‘portable’ (bisa dilepas dari badan perahu) yang diangkat ke darat.

Hasil tangkapan nelayan disini dijual kepada ‘boss’, yakni pihak yang meminjamkan modal untuk bekal melaut. Boss yang menampung hasil tangkapan nelayan kemudian menjual ikan hasil tangkapan yang terkumpul kepada pihak lain yang akan mengirim ikan tersebut ke kota-kota besar atau diekspor. Terkesan ada hubungan yang mutualistik antara nelayan dengan boss. Nelayan bisa mendapatkan dana secara instan dan setiap saat akan melaut, serta mendapatkan kepastian untuk penjualan hasil tangkapan; sebaliknya boss mendapat keuntungan ganda, yakni dari bagian yang diperoleh karena meminjamkan modal operasional dan marjin keuntungan dari beli-jual ikan hasil tangkapan.

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: