Benyamin Lakitan

Beranda » Photography » Architecture » Indonesia 112: Pembuatan Kapal Kampong Bugis, Gantong, Beltim

Indonesia 112: Pembuatan Kapal Kampong Bugis, Gantong, Beltim


Komunitas Bugis merantau hampir ke seluruh pelosok nusantara dan sebagian besar membangun komunitas nelayan yang unggul. Dalam komunitas ini bukan cuma dibekali dengan kemampuan menangkap ikan di laut, tetapi juga dibekali kemampuan untuk membuat kapal kayu yang digunakan untuk menangkap ikan, seperti yang terlihat di Kampung Bugis, Desa Lenggang, Kecamatan Gantong, Kabupaten Belitung Timur.

Pembuatan kapal oleh masyarakat Bugis asal Bone di Belitung dilakukan dengan peralatan sederhana dan tidak dilakukan pada suatu galangan kapal khusus. Kapal dibangun di lahan sempit di antara rumah tinggal, yang penting dekat dengan air untuk akses peluncurannya ke laut. Menurut informasi dari salah seorang pembuat kapal, sebuah kapal dapat diselesaikan dalam waktu 3 bulan jika semua bahan yang dibutuhkan dan kucuran dana pembiayaan lancar, serta tenaga kerja (umumnya dari kalangan keluarga sendiri) tersedia.

Jenis kayu yang digunakan dan menjadi preferensi pembuat kapal adalah kayu seru, karena sifat kayunya yang relatif lentur dan ‘kenyal’, sehingga mudah mengikuti bentuk desain badan kapal yang banyak mengikuti garis lengkung.

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: