Benyamin Lakitan

Beranda » Photography » Flora & Fauna » Indonesia 116: Pantai Timur Sumatera Selatan

Indonesia 116: Pantai Timur Sumatera Selatan


Sepanjang pesisir timur Sumatera Selatan tidak dijumpai pantai pasir, semuanya pantai lumpur endapan tanah yang dibawa dari daratan oleh sungai-sungai yang bermuara ke pesisir timur ini. Vegetasi alaminya adalah hutan bakau dan beberapa jenis tumbuhan palem. Pesisir dengan topografi yang landai ini sebagian besar merupakan rawa yang dipengaruhi oleh pasang surut air laut, sehingga disebut sebagai rawa pasang surut (tidal swamp). Hutan bakau di pesisir ini mempunyai fungsi ekologis yang sangat penting, yakni menjaga agar pantai tidak tergerus oleh abrasi dan tempat berbagai biota laut untuk bertelur atau melaksanakan kegiatan reproduktifnya.

Kondisi lahan rawa ini menyebabkan pembangunan infrastruktur jalan menjadi lebih sulit dan mahal. Tetapi saat ini sudah ada jalan akses dari Palembang ke pantai timur ini dan telah pula dibangun pelabuhan Tanjung Api-api. Pelabuhan ini telah beroperasi.

Ada 2 jenis fauna yang unik yang saya lihat banyak hidup di lumpur pantai di lokasi ini, yakni ikan tembakul atau mudskipper (Periophthalmus gracilis) dan kepiting yang memiliki satu capit yang ekstra jumbo. Ikan tembakul berprilaku seperti hewan amfibi, hidup aktif di hamparan lumpur pantai. Sirip depannya berfungsi seperti tangan/kaki untuk bergerak/berjalan di atas lumpur. Sepasang matanya menonjol keluar, sehingga kalau seluruh tubuhnya terbenam ke dalam lumpur (mungkin untuk sembunyi dari predator atau sekedar untuk melembabkan kulitnya), maka matanya masih muncul di permukaan lumpur untuk melihat sekitarnya.

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: