Benyamin Lakitan

Beranda » Photography » Culture » Indonesia 118: Lebak Sumatera Selatan

Indonesia 118: Lebak Sumatera Selatan


Wilayah sebelah timur Propinsi Sumatera Selatan sebagian besar merupakan lahan basah atau rawa. Ada wilayah rawa ini yang dipengaruhi oleh pasang surut air laut, sehingga dikenal sebagai rawa pasang surut. Ada pula lahan rawa yang tidak dipengaruhi oleh pasang surut air laut. Genangan air lebih disebabkan oleh luapan air sungai atau air hujan yang terjebak di daerah cekungan. Rawa yang tidak terpengaruh oleh pasang surut air laut ini dikenal sebagai rawa lebak, atau kadang cukup disebut sebagai lebak. Berdasarkan tingginya genangan air yang juga berasosiasi dengan lamanya periode tergenang, maka lebak umumnya dibedakan menjadi lebak pematang, lebak tengahan, dan lebak dalam.

Petani dan masyarakat lokal mengelola masing-masing tipe lahan lebak secara berbeda, yakni memilih salah satu atau kombinasi atau pergiliran antara tanaman padi, palawija, hortikultura, ikan air tawar, dan/atau ternak yang sesuai untuk lahan basah. Pilihan komoditas dan teknik budidaya tanaman, ternak, dan ikan; serta cara penangkapan ikan dilakukan berdasarkan akumulasi pengetahuan dan pengalaman yang telah dialami masyarakat setempat, sehingga membuahkan kearifan yang terbukti sesuai dengan ekosistem lahan rawa. Kerbau rawa dan itik pegagan merupakan contoh ternak yang sudah lama dibudidaya masyarakat di lahan rawa Sumatera Selatan. Ikan gabus, toman, sepat, dan betok merupakan ikan yang banyak dijumpai dan perlu upaya pengembangan teknologi budidayanya.

Introduksi teknologi untuk meningkatkan produktivitas dan/atau efisiensi sistem produksi tentu selayaknya menggunakan kearifan lokal tersebut sebagai basis acuan pengembangannya dan dengan seksama mempertimbangkan kapasitas adopsi masyarakat setempat dan menghargai nilai-nilai sosiokulturalnya.

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: