Benyamin Lakitan

Beranda » Photography » Culture » Indonesia 121: Sembilang, Samboja, Kutai Kartanegara

Indonesia 121: Sembilang, Samboja, Kutai Kartanegara


Kegiatan ekonomi yang utama di Desa Tanjung Sembilang, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara adalah dari sektor perikanan, mencakup perikanan tangkap maupun budidaya. Di wilayah desa ini banyak dijumpai tambak tradisional untuk budidaya udang dan ikan air payau, seperti bandeng. Tambak di desa ini masih sangat tradisional, tanpa aerator untuk meningkatkan kadar oksigen air tambak.

Penangkapan ikan dilakukan dengan beragam cara, termasuk menggunakan jaring trawl. Hasil tangkapan sangat beragam, termasuk udang, kepiting, ubur-ubur, dan ikan. Penyortiran hasil tangkapan dilakukan oleh para perempuan di desa ini. Perempuan yang menyortir hasil tangkapan ini ada yang diupah tapi ada juga dari anggota keluarga nelayan yang menangkap. Jenis tangkapan yang mempunya nilai ekonomi utama adalah udang dan kepiting. Udang setelah disortir berdasarkan jenis dan ukurannya, kemudian dijual dalam bentuk basah (tapi sudah mati); sedangkan kepiting sebagian dijual masih dalam keadaan hidup. Kepiting hidup diikat dengan lidi daun kelapa muda (sehingga masih lentur) agar tidak melarikan diri dan capitnya membahayakan konsumen.

Udang ‘rebon’ yang halus dan berukuran kecil umumnya dikeringkan atau diolah lebih lanjut menjadi bahan pangan tradisional, misalnya terasi. Ikan yang lebih besar diolah menjadi ikan asin dan dijemur di bawah cahaya matahari. Ikan ‘runcah’ (sisa, kecil, tidak layak jual) dikeringkan. Setelah kering dijual sebagai bahan baku pembuatan pakan ternak maupun ikan budidaya.

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: