Benyamin Lakitan

Beranda » Article » Slide Presentation » Slide 54: Inovasi Akar Rumput dan Teknologi Tepat Guna sebagai Pengungkit Ekonomi Kerakyatan

Slide 54: Inovasi Akar Rumput dan Teknologi Tepat Guna sebagai Pengungkit Ekonomi Kerakyatan


Pembangunan yang hanya berorientasi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi semata sudah semakin kehilangan kredibilitasnya dan mulai secara sadar ditinggalkan banyak negara. Keyakinan akan pentingnya melakukan pembangunan dengan menyeimbangkan pertumbuhan dengan aspek keberlanjutannya, menyeimbangkan kepentingan ekonomi dengan kesadaran ekologis, telah semakin berkembang. Sayangnya realisasi dari keyakinan ini baru kentara pada tataran kebijakan formal, tetapi belum sepenuhnya dihayati dalam implementasinya di lapangan, terutama oleh pada pelaku bisnis. Masih banyak indikasi bahwa pertimbangan ekologis yang dikalahkan oleh kepentingan ekonomi, terutama di negara berkembang, termasuk Indonesia.

Lebih lanjut, saat ini, selain isu keberlanjutan kegiatan ekonomi, juga mulai banyak dimunculkan keinginan agar pembangunan ekonomi harus pula bersifat inklusif, yakni dengan melibatkan secara langsung atau memberi kesempatan yang lebih luas kepada semua pihak terkait untuk ikut berperan aktif dalam pembangunan dan sekaligus berpeluang untuk ikut menikmati hasil pembangunan, yang indikasinya dapat diukur dari peningkatan kesejahteraan rakyat dan menurunnya kesenjangan antara masyarakat yang kaya dan yang miskin. Pembangunan ekonomi memang harus tetap tumbuh, tetapi tidak lagi didorong agar tumbuh secara spektakuler untuk jangka pendek. Pertumbuhan ekonomi yang lebih diinginkan adalah pertumbuhan yang wajar tetapi lebih terjamin keberlanjutannya dan dapat dinikmati hasilnya oleh rakyat banyak.

Slide lengkapnya bisa dilihat disini: 20141105 Grassroots – Inclusive Economy

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: