Benyamin Lakitan

Beranda » Photography » Culture » Indonesia 144: Kampung Nelayan Pulau Bungin, Sumbawa

Indonesia 144: Kampung Nelayan Pulau Bungin, Sumbawa


Pulau Bungin merupakan kampung/desa nelayan di Kecamatan Alas, sekitar 2 jam perjalanan darat dari Kota Sumbawa Besar. Pulau Bungin memang adalah pulau kecil yang berada di laut dangkal yang tidak jauh dari garis pantai sebelah utara Pulau Sumbawa. Seluruh wilayah ‘daratan’ pulau ini sudah dibangun rumah, malah rumah tersebut telah melampaui garis pantai semula yang mengelilingi pulau kecil ini. Lahan terbuka yang agak luas di Pulau Bungin adalah halaman Masjid atau sekolah. Saat ini sudah ada jalan akses dari daratan Sumbawa ke Pulau Bungin, dibangun dengan menguruk laut dangkal hanya selebar badan jalan.

Pemukiman di pulai ini sangat padat. Total jumlah penduduk sekitar 3.400 jiwa, menempati kawasan yang luasnya hanya sekitar 8,5 hektar, sehingga sering disebut sebagai kawasan dengan penduduk terpadat di dunia. Karena penduduknya terus tumbuh, sedangkan seluruh lahan sudah dibangun rumah, maka setiap keluarga baru yang akan membangun rumah harus mereklamasi laut dangkal di sekitar pulau, yakni menguruk laut tersebut dengan batu karang yang sudah mati. Masih sering dijumpai juga beberapa keluarga dari kerabat dekat terpaksa hidup dalam satu rumah.

Masyarakat Bungin mayoritas keturunan Suku Bajo yang bekerja sebagai nelayan, menangkap ikan dengan cara memanah langsung ikan hidup di laut, menangkap lobster, atau teripang. Masyarakat nelayan disini membuat sendiri perahunya untuk melaut menangkap ikan.

Pulau Bungin Sumbawa 1

Pulau Bungin Sumbawa 2

Pulau Bungin Sumbawa 3

Pulau Bungin Sumbawa 4

Pulau Bungin Sumbawa 5

Pulau Bungin Sumbawa 6

Iklan

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: