Benyamin Lakitan

Beranda » Article » Course Materials » Dasar-dasar Agronomi 01 – Pengertian dan Ruang Lingkup Agronomi

Dasar-dasar Agronomi 01 – Pengertian dan Ruang Lingkup Agronomi


Secara ‘tradisional’ agronomi dideskripsikan sebagai cabang ilmu pertanian yang mengkaji tentang prinsip dan praktek pengelolaan tanah, air, dan tanaman. Fokus kegiatan utamanya adalah aspek teknis budidaya tanaman, mulai dari penyiapan benih atau bibit, pengolahan/penyiapan lahan, penanaman, pemeliharaan tanaman sampai panen, pemanenan; termasuk juga beberapa tindakan khusus yang dilakukan selama penyiapan lahan dan pemeliharaan tanaman, misalnya pemupukan, penyiraman/penyediaan air bagi tanaman, pengendalian hama dan patogen tanaman, penyiangan gulma, pemangkasan sebagian dari tajuk tanaman, penjarangan buah, dan semua tindakan lain yang dilakukan untuk meningkatkan produktivitas dan/atau kualitas hasil.

Dalam perkembangan selanjutnya, kajian agronomi mempunyai karakteristik yang tidak hanya fokus pada proses produksi, tetapi juga mulai mempertimbangkan kemungkinan dampak negatifnya terhadap lingkungan serta upaya pencegahannya. Agronomi saat ini dicirikan dengan aplikasi ilmu (dan teknologi) untuk memajukan sistem produksi tanaman dengan tetap menjaga kualitas udara, tanah, dan air.

Pada awalnya agronomi mencakup semua jenis atau kelompok tanaman yang dibudidayakan, tetapi sesuai dengan dinamikan perkembangan ilmu-ilmu lainnya yang bersinggungan langsung dengan agronomi maka beberapa kelompok tanaman tidak lagi dicakup dalam kajian agronomi, misalnya budidaya tanaman pakan ternak sudah lebih umum dikategorikan sebagai bagian dari ilmu peternakan. Kelompok tanaman yang masih merupakan bagian penting dari kajian agronomi adalah tanaman semusim, tanaman tahunan, tanaman hortikultura (sayuran, buahan, dan tanaman hias). Tanaman obat sampai saat ini masih umum dicakup dalam kajian agronomi.

Slide lengkap bisa diunduh disini: Materi 01 – Pengertian dan Ruang Lingkup Agronomi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: