Benyamin Lakitan

Beranda » Article » Course Materials » Diklat PPD-RPJMD: Perumusan Strategi dan Arah Kebijakan

Diklat PPD-RPJMD: Perumusan Strategi dan Arah Kebijakan


Perencanaan pembangunan daerah perlu dilakukan dengan bijak, terutama pada kondisi Indonesia saat ini dimana keterbatasan anggaran pembangunan yang semakin dirasakan dan tuntutan masyarakat agar pembangunan yang dilakukan dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat awam (publik). Oleh sebab itu, Pemerintah daerah perlu menetapkan arah kebijakan yang tepat dan diikuti dengan strategi yang jitu agar dapat merancang program yang tepat dan merealisasikannya melalui kegiatan-kegiatan yang secara konsisten selaras dengan arah kebijakan yang telah ditetapkan.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tata cara penyusunan, pengendalian, dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan daerah, strategi didefinisikan sebagai langkah-langkah berisikan program-program indikatif untuk mewujudkan visi dan misi; sedangkan kebijakan adalah arah/tindakan yang diambil oleh pemerintah daerah untuk mencapai tujuan.

Secara lengkap slide yang digunakan sebagai bahan diklat ini dapat dilihat dan diunduh disini: 2015 Diklat PPD-RPJMND – BenyaminLakitan – Perumusan Strategi dan Arah Kebijakan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: