Benyamin Lakitan

Beranda » Article » Course Materials » Pengantar Ilmu Pertanian 01: Pengertian dan Ruang Lingkup Ilmu Pertanian

Pengantar Ilmu Pertanian 01: Pengertian dan Ruang Lingkup Ilmu Pertanian


Pengantar Ilmu Pertanian merupakan mata kuliah yang paling awal harus dipahami oleh setiap mahasiswa S1 untuk semua program studi di Fakultas Pertanian. Pertanian adalah kegiatan mengelola lahan atau media tanam lain yang menggantikan fungsi tanah dan upaya modifikasi iklim mikro dalam budidaya tanaman (dan/atau ternak) serta kegiatan lainnya yang terkait langsung dengan proses budidaya dan pengelolaan pascapanennya. Ruang lingkupnya sangat luas, tetapi yang selalu menjadi fokus utamanya adalah kegiatan budidaya tanaman. Kegiatan budidaya ini disebut juga kegiatan on-farm.

Kegiatan pra-budidaya dan pasca-budidaya disebut kegiatan off-farm hulu dan off-farm hilir. Kegiatan off-farm hulu mencakup kegiatan: [1] pemuliaan tanaman baik secara konvensional maupun dengan aplikasi bioteknologi, untuk menghasilkan benih atau bibit unggul; yang diikuti dengan kegiatan produksi benik atau bibit; [2] kegiatan formulasi dan produksi bahan agrokimia, termasuk pupuk, pestisida, dan zat pengatur tumbuh, serta berbagai agrokimia bermanfaat lainnya; [3] kegiatan formulasi dan produksi bahan agrobiologi, termasuk mikroba hidup yang bermanfaat bagi tanaman; [4] rancang bangun dan produksi alat dan mesin pertanian yang dibutuhkan untuk budidaya tanaman.

Kegiatan budidaya dimulai dari kegiatan penyiapan lahan, penanaman benih atau bibit, pemeliharaan tanaman selama siklus hidupnya, dan pemanenan. Kegiatan pemeliharaan tanaman termasuk pemupukan, penyiangan atau pengendalian gulma, pengendalian organisma pengganggu tanaman lainnya, penyediaan kebutuhan air tanaman, dan berbagai bentuk perlakuan fisik terhadap bagian tanaman di atas permukaan tanah.

Kegiatan off-farm hilir atau disebut juga kegiatan pasca panen mencakup kegiatan pengelolaan hasil untuk pasar atau konsumsi segar dan pengolahan hasil panen menjadi produk olahan yang lebih tahan simpan dan/atau mempunyai nilai ekonomis yang lebih tinggi. Kegiatan pasca panen juga mencakup distribusi/transportasi produk pertanian dan pemasaran atau bisnis pertanian.

Masing-masing kegiatan pertanian yang spesifik tersebut dan penjelasan ilmiah terkait yang relevan, saat ini telah berkembang menjadi cabang atau bidang ilmu sendiri, yang akan dipelajari selanjutnya oleh mahasiswa pertanian sesuai dengan program studi yang dipilih.

Slide bahan kuliah ini bisa dilihat dan diunduh disini:Materi 01 Pengertian – ruang lingkup dan klasifikasi ilmu pertanian

Iklan

1 Komentar

  1. Bega Yunieldi berkata:

    Terima kasih sangat bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: