Benyamin Lakitan

Beranda » Article » Course Materials » Pengantar Ilmu Pertanian 06 : Pemuliaan Tanaman untuk Masa Depan Pertanian

Pengantar Ilmu Pertanian 06 : Pemuliaan Tanaman untuk Masa Depan Pertanian


Pemuliaan tanaman (plant breeding) adalah ilmu atau upaya untuk menghasilkan varietas, kultivar, atau klon tanaman yang mempunyai potensi hasil tinggi (high-yielding variety) atau keunggulan lain atau kombinasi dari beberapa sifat unggul. Sifat unggul lain misalnya mampu beradaptasi pada kondisi lingkungan yang tidak optimal, tahan terhadap serangan hama atau mikroba patogenik, atau memberikan hasil dengan kualitas atau karakteristik yang sesuai preferensi konsumen.

Upaya pemuliaan tanaman secara langsung terkait dengan upaya pengubahan susunan/komposisi genetik individu tanaman, dimana hal ini dapat dilakukan melalui prosedur /teknik: [1] Konvensional, melalui seleksi massal (screening) dari koleksi plasma nutfah yang berhasil dikumpulkan atau melalui persilangan; [2] Rangsangan mutasi genetik (induced genetic mutation), dengan paparan radioaktif atau bahan kimia tertentu; dan [3] Rekayasa genetik (genetic engineering), manipulasi urutan gen, transfer gen, manipulasi regulasi gen.

Kita patut bangga bahwa semua padi yang dibudidayakan di Indonesia adalah hasil kerja pemulia tanaman Indonesia dan dilakukan di Indonesia. Namun demikian, walaupun sudah lebih dari 150 varietas padi yang ‘dilepas’ (released), hanya sedikit (<10 varietas) yang secara meluas digunakan oleh petani Indonesia. Mengapa?

Bahan kuliah untuk topik ini bisa diunduh disini: Materi 06 Pemuliaan Tanaman untuk Masa Depan Pertanian

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: