Benyamin Lakitan

Beranda » Article » Course Materials » Pengantar Ilmu Pertanian 12: Aplikasi Bioteknologi di Bidang Pertanian

Pengantar Ilmu Pertanian 12: Aplikasi Bioteknologi di Bidang Pertanian


Bioteknologi merupakan aplikasi teknologi yang menggunakan sistem biologis, organisme hidup, atau derivatifnya untuk membuat atau memodifikasi produk atau proses untuk tujuan tertentu. Secara substansial bioteknologi sudah sangat lama diaplikasikan dalam bidang pertanian, produksi pangan, dan kesehatan. Namun demikian, istilah bioteknologi pertama digunakan oleh Karoly Ereky (perekayasa Hungaria) pada tahun 1919. Bioteknologi ‘modern’ mulai pesat berkembang sejak akhir abad ke 20, ditandai dengan mulai berkembangnya rekayasa genetik dan kultur jaringan/sel.

Aplikasi bioteknologi sudah sangat umum dilakukan di bidang kesehatan, produksi pangan dan pertanian, produksi produk non-pangan dari tanaman (bioplastik, biofuel, senjata biologis), dan pengelolaan lingkungan (bioremediasi).

Isu populer dan kontroversial terkait aplikasi bioteknologi antara lain adalah penggunaan genetically-modified organism (disingkat GMO). GMO adalah organisme (termasuk tanaman, ternak, dan ikan) yang DNA-nya telah dimodifikasi dengan teknik rekayasa genetik. Umumnya dilakukan untuk menambahkan /memodifikasi suatu sifat/karakteristik baru pada organisme tertentu yang tidak terjadi secara alami atau sulit dilakukan dengan teknik pemuliaan secara konvensional.

Slide panduan untuk topik ini bisa diunduh disini: Materi 12 Aplikasi Bioteknologi di Bidang Pertanian

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: