Benyamin Lakitan

Beranda » Article » Pertanian Berbasis Sumberdaya & Kearifan Lokal 02 – Urgensi, Legalitas, Konsepsi

Pertanian Berbasis Sumberdaya & Kearifan Lokal 02 – Urgensi, Legalitas, Konsepsi


Pada kuliah pertama telah disampaikan tata tertib perkuliahan, ulasan ringkas tapi menyeluruh (overview) tentang substansi yang akan disampaikan, dan tata cara evaluasi hasil pembelajaran mata kulian ini.

Pada kuliah yang kedua ini disampaikan tentang urgensi, aspek legalitas, dan konsepsi dasar tentang pertanian yang berbasis sumberdaya dan kearifan lokal. Sejalan dengan berjalannya waktu, semakin menguatkan kekhawatiran terkait dengan kecenderungan yang tengah berlangsung saat ini. Teknologi pertanian semakin maju tetapi kemajuan tersebut tidak mempengaruhi tingkat kesejahteraan petani, sebagai aktor utama pembangunan pertanian, termasuk sebagai pelaku utama produksi pangan. Perkembangan teknologi dirasakan semakin menjauh dari realitas kebutuhan dan daya jangkau petani atau dengan kata lain teknologi yang dikembangkan sering tidak relevan dengan kebutuhan petani dan tidak sepadan dengan kapasitas adopsi petani. Akibatnya teknologi tidak mampu digunakan petani.

Harusnya teknologi dikembangkan sesuai dengan kebutuhan, kapasitas adospi, dan preferensi petani, serta berpotensi untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Upaya mewujudkan teknologi yang relevan bagi petani, akan lebih realistis jika teknologi dikembangkan berbasis pada kondisi sumberdaya lokal dan dikembangkan lanjut dari kearifan lokal yang sudah sangat dikenali petani.

Secara lengkap bahan kuliah ini bisa diunduh disini pertanian-berbasis-sumberdaya-kearifan-lokal-02

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: